Semaraknya penipuan lewat email, adalah karena kurangnya ilmu pengetahuan di bidang komputer dan terutama karena kurangnya ketelitian kita dalam menyaring setiap berita yang di bagikan oleh teman – teman penulis blog.
Pada dasarnya dan pada umumnya, masyarakat hanya menggunakan internet sebagai alat komunikasi dan persahabatan jarak jahu. Namun tanpa di sadari, kejadian yang sering terjadi di lingkungan ataupun melalui sms di handphone, begitu lah kejadian yang saat ini sangat marak terjadi di dunia maya internet.
Banyaknya orang yang tidak menyadari semua hal bentuk penipuan yang sering di lakukan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab seperti sms berhadiah atau apa saja, itulah yang menyebabkan masih ada juga banyak orang yang akhirnya tertipu dan di perdaya oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab lewat email atau media internet.
Sebagai bahan pelajaran kepada seluruh masyarakat, tentunya yang baru memahami kecanggihan dan kemajuan dunia maya internet agar di harapkan berhati – hati atas penipuan yang saat ini kerap terjadi. Penipuan melalui internet yang kadang di kirimkan lewat email anda seperti meminta tolong kepada anda untuk ” mengambilkan uang miliknya di bank yang di tentukan olehnya dengan dalih akan memberikan upah bila dapat membantu mengambilkan uang miliknya di bank, atau dalih yang menyatakan ” butuh bantuan untuk korban bencana alam atau korban di afganistan atau korban di afrika, atau ada juga dalih yang menyatakan bahwa anda akan mendapatkan hadiah lotree dari yahoo atau dari email atau dari apa saja. Biasanya mereka akan meminta username ( ID ) atau password ( kata sandi ) anda juga nama lengkap, alamat lengkap,dll.
jangan pernah memberikan data apapun apabila anda tidak merasa mengikuti kuis apapun lewat internet, dan jangan pernah memberikan data apapun walaupun mereka memberikan janji uang atau apa saja.
Karena biasanya para pelaku kejahatan komputer ( hecker ) akan menggunakan data anda untuk di jadikan data mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka akan menggunakan alamat email anda dan juga menggunakan nama anda untuk melakukan sesuatu yang jahat, hingga akhirnya bisa menyebabkan anda bermasalah di hukum nantinya.
Selain itu, bagi anda semua juga di harapkan untuk berhati – hati dengan username dan password anda, jangan sampai kecolongan oleh orang lain. Karena orang lain yang mengetahui username dan password anda dapat menyalahgunakan alamat email anda nantinya. Ada baiknya apabila anda selalu menukar password anda apabila merasa penting atau merasa ada orang ketiga yang mengetahui password anda.

Comments

comments